Tuesday, July 17, 2012

ICID 2011



Ceritanya, pengeen banget ikut event yang satu ini. ICID 2011. Alesan yang paling utama adalah, untuk kelas "International", biaya registrasinya murah banget.  Udah gitu, reputasinya juga tidak perlu diragukan lagi. Reviewernya oke punya, sponsorship juga lumayan, dan yang pasti, duit segitu tuh di hotel pulak. Memang sebenernya, kalo mau mengakui, beberapa kali menghadiri conference yang diselenggarakan oleh UIN, entah Jakarta atau Yogya, keliatannya selalu oke. Salut lah.. mereka bisa menyelenggarakan conference bermutu dengan biaya terjangkau...!!
So, setelah memantapkan niat bahwa kita-kita akan menggunakan kocek sendiri, alias harus seminimalis mungkin, berangkatlah si trio macan ini ke Yogya.  Selaku trip-planner-nya ya Jeng Nila laaah... Berhubung kita akan berangkat bertiga, menurut perhitungan jeng Nila, paling ekonomis ya pake kereta kelas tiga, PP, Bandung-Yogya sekali jalan cuma 60rebu sajah.



Bangku kelas tiga, memang cocok buat duduk bertiga

Konsumsinya : nasi padang dan kacang garuda

Jeng Nila memilihkan penginapan yang cukup oke. Ndalem Suratin, yang bisa dibooking via jalur sms-an dan  imel-imelan.  Selain booking kamar, Jeng Nila juga tidak lupa pesen kendaraan buat njemput dari stasiun. Soale nyampenya tengah malem. Ndak pe-de kalo pake taksi.

Kamar tempat nginep, di Ndalem Suratin

Kamarnya ternyata lumayan bagus dan cozy buat bersantai. Ada satu tempat tidur ukuran king size, empuk, adem, ada AC dan tipi LCD. Kamar mandi juga bagus dan bersih, ada shower tanpa bak mandi. Tapi cukup lah..  Front office-nya juga stand by terus, malem-malem minta supermi juga dikasih. Pokoknya siip deh.

Whaahaahaa.. ketauan.. blum bikin file presentasinya ya? Lha koq malah buka facebook?
Setelah sarapan pagi (dengan nasi gudeg, buat bertiga, lumayan laaah), kita siap-siap bertamasya. Ke seminar kah?? Ndak tau juga tuuuh...Kita keluar jam 9.an gitu.  Tujuannya ya halte Trans Yogya.

Siap-siap berangkat. Ke seminar? ndak juga...!

Nunggu Trans Yogya deket Ndalem Suratin

Di dalam Trans Yogya
Eeeh.. ternyata tujuan pertama bukannya ke Seminar, malah ke Prambanan. Berhubung Jeng Nila, meskipun aseli madiun, ternyata blum pernah mengunjungi Prambanan. So.. dengan Trans Yogya dua kali transit, sampailah kita di Prambanan, dengan jarak tempuh kira-kira 1 jam kurang. Ongkosnya juga lumayan murah, sekitar 4000 saja.  Sampe terminal Trans Yogya Prambanan, perjalanan dilanjutkan dengan naik sejenis becak motor dengan ongkos sekitar 10000/becak. 
Sampe Prambanan, ya pas lagi panas-panasnya laaah.. Untunglah kita-kita sudah menyiapkan payung, jadi ndak perlu nyewa ojek payung.

Umbrella Girls..?




  

Setelah puas (dan capek serta kepanasan) muter-muterin Prambanan sekitar 1.5 jam. Akhirnya kita berhasil nyampe lokasi seminar di Hotel Inna Garuda. Sebuah hotel yang konon cukup tua, megah dan legendaris. Sudah tentu tampang kita dah pada kucel semua.. lha wong udah kepanasan dari tadi.

Jam 12 nyampe seminar, dah kucel banget...
Setelah registrasi, eeeh.. ternyata pas banget.... pas banget jam makan.. ha..ha.. Langsung saja kita mengantri makan siang yang di Restoran hotel. Menunya... wow.. keren laah..!! Trus, selagi makan, kita  ketemu mbak Ulfa dari STEI dan Teh Ayi dari Unpas.


Yang penting makannya jangan sampe keabisan.
Setelah makan, jeng Savitri bergegas presentasi, karena jadwalnya memang setelah makan siang. Sementara aku dan Jeng Nila kebagian presentasi setelah jam 15.00.  Ngerasa santai, aku dan jeng Nila malah duduk-duduk ngobrol dengan seorang kawan lama, M.Mustaqim. Laaah, ndak taunya, pas giliran kita presentasi, mereka dah pada bubar (maksudnya di beberapa ruangan, sesi presentasinya dah selesai, karena ada beberapa presenter yang nggak dateng).  Trus?? Gimana dong?? Mosok kita ndak presentasi? Buat apa udah bikin file presentasi?? Buat apa jauh-jauh ke Yogya? Diiih.. norak banget deeh..!! Karena kecentilan tersebut, akhirnya panitia di salah satu ruangan, dengan sabar memberikan kesempatan kepada kita untuk presentasi, meskipun audiens-nya cuma kita-kita juga...ha..ha...ha.. Penting banget nggak sih presentasi itu?

Jeng Savitri lagi presentasi
Gimana mas? file presentasi aku bagus ndak??

Mbok aku ditanya-tanya thooo Mas...?

Ya udah deeeh, kita pura-pura nanya yaa??
Selesai acara, kita melanjutnya perjalanan dengan acara berburu oleh-oleh, khususnya titipan dari para penggemar. Langkah pertama, ya mampir ke ATM buat cari-cari dana, barangkali ada stok tambahan?

keabisan duit ya nduk?? Atau siap-siap mau mborong oleh-oleh?
Trus, nyewa becak wisata, muter-muter, misalnya ke Malioboro, cari batik, baju-baju, pernik-pernik, cari bakpia, dlsb.


First Destination : Mirota

Lha iki opo mbak Mega yoo?? Kok uayuu tenan...
Trus, menjelang magrib, laper juga nih. Tanya-tanya sama mas Becak, dimana sih tempat makan yang murah dan enak? Ditunjukin Rumah Makan Ceria, di Jl Gandekan Lor 42 dan di Jalan LetJen Suprapto 119 Yogyakarta.   Menunya bener-bener praktis, murah, enak dan mengenyangkan.  Ada bakso, mie goreng, dan anek sayur-sayuran seperti tumis-tumis, oseng-oseng dlsb.  Untuk satu menu makan seperti ini, nasi+sayur dan satu gelas es kelapa mudah selasih, aku cuma bayar 11 rebuan. Lumayan laah..

 
Last Destination. Warteg "Ceria", sesuai rekomendasi mas Becak "Murmer!!"

Beres makan, kita kembali ke Ndalem Suratin. Walaah.. ternyata banyak juga belanjaan kita hari itu ya..? Aku harus balik ke Bandung.

Oleh-oleh babak I.
Trus, mbak-mbak yang ayu ini melanjutkan perjalanan hingga hari kedua, katanya mau wisata kuliner dan ke Parang Tritis.
Gayane wis koyo turis londo..!

Hasil wisata kuliner




Tak lengkap jika tak mengunjungi keraton.

No comments:

Post a Comment

Ujian Online

Banyak situs ujian online, tapi, secara pribados, saya paling sering menggunakan Classmarker. Gimana caranya..?? Ok, ada beberapa tahap ...