Sunday, July 1, 2012

Yogya...yogya...!!

Sambil belajar (lagi) template-template baru dari blogger, plus juga memutuskan untuk mudik kembali, dari tumblr ke blogspot, gw sharing aja ya hasil udar-ider di Yogya kemaren.
Ceritanya, akhirnya tulisan kita-kita (yang super narsis ini), diterima di Semnasif 2012 (setelah ditolak mentah-mentah oleh tim reviewer SNATI 2012, ndak apa-apa.. tidak boleh menyerah dan berputus asa). Itupun diterima dengan sedikit kehebohan alias banyak merepotkan panitia. Pertama, sebenernya dah lewat waktu pengiriman abstrak, tapi kita-kita (seperti biasa) maksa.com. Kayaknya urgent banget buat pergi ke Yogya, gitu loooh..! Kedua, ternyata di web panitia itu mula-mula nggak tercantum nama-nama reviewernya. Waah, gawat nih.. bisa-bisa nggak diongkosin kampus, dianggap seminar abal-abal deh..! So, setelah sedikit memaksa, akhirnya panitia mencantumkan daftar reviewernya.  Ketiga, maksa panitia buat surat "acceptance" khusus untuk kita-kita, soale tuh babeh-babeh yang di kampus nggak percaya kalo cuma berupa "hasil seleksi naskah semnasif 2012". Mana disono dicantumin "no.abstrak", dikiranya kita cuma pinter bikin abstrak doang...!! 




Trus terakhir, bayarnya telat buanget.. makelum, ngurusnya mepet-mepet siih.
So, setelah sedikit heboh sana sini, akhirnya kita-kita lolos juga ke Yogya. Berhubung tanggal 30 Juni itu lagi puncak-puncaknya musim liburan, ternyata, tiket ke Yogya full book. Tadinya niat naek Lodaya yang kira-kira nyampe Yogya subuh, plus bayar seceng duaceng di stasiun buat mandi pagi, cukup ngirit lah.. Eeeh, ternyata tiket Lodaya abis bis pless.  Akhirnya, Jeng Nila menemukan tiket Mutiara Selatan, cuma berangkatnya jam 17.00, dan sampe Yogya masih dini hari, jam 02.00. Waduuh.. kepaksa cari penginepan dong..!! Padahal kita-kita tadinya mau seirit mungkin (dasar, meditz.com). Sekali lagi, ternyata, cari penginapan di Yogya di musim liburan nggak mudah. Semua hotel yang "terjangkau" kantong penuh. Semua hotel yang bisa dicek tarifnya lewat internet, dan bisa di book via internet, penuh!! Akhirnya, tanya-tanya mbah Google, dapet beberapa hotel yang nggak punya website, daftar tarif dan foto-fotonya, apalagi fasilitas booking onlen. Kepaksalah ditelpon satu-satu hotel tersebut. Salah satu kandidat kuat adalah hotel Duta Wisata 2, sebab, menurut tulisan di salah satu blog entah berantah, konon cukup murah dan lumayan fasilitasnya.  Lokasinya juga, setelah dicek di map mbah Google, terletak antara Stasiun Tugu dan UPN Veteran. Segeralah Jeng Nila, sebagai seksi akomodasi, menghubungi mas-mas di Hotel tersebut. Kebetulan masih ada kamar kosong.  Masalahnya, neng Iin ternyata harus mandi pake aer anget, dan di hotel ini ndak disediakan aer anget (padahal kata info di internet, ada tuuh), kecuali masak sendiri dan diwadahin di ember, tentunya pake biaya tambahan. Daripada ribet, ya akhirnya neng Iin setuju-setuju aja deh..!! Kita pesen kamar untuk 2 orang dengan kasur twin, dan pesen juga extra bed. Total jendral neng Iin mentransfer 200 rebu pas sebagai tanda jadi.
Jumat, 29 Juni, kita-kita berangkat dari Stasiun Kiara Condong, karena lokasinya cukup deket ke tempat kita-kita nongkrong. Kereta sampe di Stasiun Kircon jam 17.30 dan segeralah kita naek ke gerbong bisnis, lengkap dengan akomodasi makan malam yang sudah dipersiapkan sebelumnya, berupa nasi timbel plus bacem tahu/tempe made in Mr.Kamijo, dan beberapa makanan camilan lainnya.
Jam 02.00 sampelah di Stasiun Tugu, langsung pesen taksi ke Hotel Duta Wisata 2. Sampe hotel, si mas-mas yang jaga rada-rada kesel karena dibangunin dari tidurnya, langsung dia jawab "ndak ada kamar kosong...!! penuh semua!!". Lhoo..lho.. kita dah booking kok pak?? Akhirnya kita dianter ke kamar yang sudah dipesan. Kamarnya bener-bener minimalis, sesuai dengan spesifikasi, dilengkapi dengan AC (yang modelnya dah cocok buat masup musium, berisik pula, tapi lumayan adeem), dan TV (merek nggak jelas, kira-kira dibuat 10 taun yang lalu, plus antena dalam ruangan, sehingga gambarnya juga runyem-runyem gitu). Untungnya kamar mandinya cukup lega dan bagus. Ada bak mandi dan shower, bersih dan airnya juga banyak. Kasurnya? kasur kapuk berukuran single yang bener-bener kurus, dilengkapi bantal yang juga nggak bakalan kempes biarpun didudukin gajah (saking kerasnya).
Pak... mintak aer putih dong??
Oh ya.. sebentar mbak..!
(Dikirimlah air putih dalam GELAS (bukan air dalam kemasan) sebanyak 4 gelas)
Pak... itu kasur extra bed nya nggak ada selimutnya pak?
Oooh.. ndak ada..!! cuma ada itu.. ndak ada lagi..!!
(Ya wis.. mending segera tidur deh.. daripada banyak minta ini itu)
Besoknya, kita-kita rada bersantai di kamar. Jam 06.00 breakfast sudah disiapkan di meja  depan pintu kamar. Breakfastnya lumayan, telor rebus, roti berikut selai nanas, dan teh manis. Lumayan lah buat ganjel laper. Setelah bermalas-malasan, plus nungguin neng Iin dapet jatah air panasnya (yang bener-bener dianter dalam ember), jam 10.00 kita berangkat ke UPN Veteran.  Menggunakan taksi dengan argo sekitar 20rebuan, akhirnya kita nyampe di UPN. 
Setelah naek hingga lantai 3 (tanpa lift looo, pueegeeelll bangettss). Segera kita melakukan registrasi, ngurusin surat-surat dan masuk ke ruang seminar, yang kebetulan masih sesi keynote speaker. Sesi ini berlangsung di auditorium dan topiknya lumayan menarik, tentang pemanfaatan GIS di berbagai bidang (jiaah ... keliatan nggak merhatiin ya..).  
Konon di daftar acara, tercantum item "pembagian door prize". Waah, ngkali-ngkali aja dapet doorprize, jadi aja kita-kita maksain nanya-nanya (padahal nggak penting-penting banget nanya.. cuma, siapa tau aja kefoto en dapet doorprize).  



Ternyata, doorprize nya bukan berdasarkan siapa yang nanya, tapi sudah disisipkan secara acak di goodie bag. Ternyata lagi, cuma neng Iin yang dapet, berupa stiker yang dituker dengan supenir dari panitia. Dengan semangat jeng Nila nuker stiker tersebut ke panitia, ngkali aja dapet laptop... wahahaha.. (ngarep.com).. taunya, dapet payung. 
Setelah makan siang, berlangsung paralel session di gedung yang rada-rada jauh ke belakang. Setelah berjalan berkelok-kelok di dalam kampus UPN, kita-kita sampe di gedung kuliah Teknik Informatika. Sayangnya jadwal manggung kita barengan semua di ruangan yang berbeda-beda sehingga kita nggak bisa saling nonton dan poto-poto gitu (kecuali gw, selaku biang narsisnya..!!). 

Selesai manggung, barulah kita ttd daftar hadir dan dapet surtipikat. Semua nama yang ketulis di paper dapet surtipikat. Jadi kalo ada 3 penulis, sertifikatnya juga ada 3. Beres manggung, jeng Nila segera ngacir mudik ke kampung halaman, tinggallah daku dan neng Iin serta bapak-bapak lainnya.  Jam 16.30 kita memutuskan keluar dari UPN dan berkelana di Malioboro. Niatnya cuma mau nyari bakpia pathuk dan belibelibeli dikit di  Mirota.  Kita naek taksi ke Malioboro, ternyata sampe di Malioboro, ruaameeebuaangeeetsss.. maklum musim liburan. Muacet dan penuh orang dimana-mana, sampe-sampe rada susah jalan di trotoarnya. Sampe Mirota, kita berpisah, neng Iin memilih nunggu di Mirota, sementara gw ngacir bentar nyari bakpia. Ternyata asyik juga muter-muter di Mirota dan pedagang kaki lima di depannya. Cari-cari oleh-oleh yang murah meriah. Jam 19.00 kita putuskan keluar Mirota dan cari makan malam.  Pilihan neng Iin jatuh pada tukang pecel pinggir jalan Malioboro.  Setelah berpecel ria, kita putuskan jalan kaki ke Stasiun Tugu. Soale arah stasiun tugu melawan arus kendaraan, alias, kalo pake becak, kita kudu melawan arus orang dan kendaraan, trus juga memang jalannya rame banget.  Banyak yang ngamen lagi, kayak grup "calung funk" ini.  Lha wong di Yogya kok lagune "manuk dadali".

Neng Iin bilangnya sih dekeeet.. ndak taunya.. juaauh juga.. ditambah lagi bawaan yang cukup berat (goodie bag seminar, sisa perbekalan makanan, plus oleh-oleh), jalan yang memang penuh sama orang-orang, sehingga akhirnya baru mencapai Stasiun Tugu jam 20.00, dengan kaki pegel, badan capek dan keringetan.  
Jam 21.30 kita pulang naek kereta Lodaya Malam, kali ini pake kelas sekutip supaya bisa istirohat dan tidur nyenyak. Goodbye Yogya.. kapan-kapan kita kesono lagi yuk??

No comments:

Post a Comment

Ujian Online

Banyak situs ujian online, tapi, secara pribados, saya paling sering menggunakan Classmarker. Gimana caranya..?? Ok, ada beberapa tahap ...