Thursday, July 1, 2010

Segitulah Rejekimu

Hari ini, setelah berhari-hari mengejar beberapa orang, mengudek-udek dokumen yang entah dimana, meng-sms dari mulai bahasa sopan sampe bahasa penuh ancaman, akhirnya aku berhadapan face-to-face dengan salah satu my old friend.
Alkisah, kira-kira nyaris setaun yang lalu aku dan si my old friend ini mengerjakan sebuah proyek berjudul teaching grant, begimane ceritanya.. ya nanti deh kapan-kapan aku ceritain. Intinya.. nilai proyek teaching grant tsb, sesuai yang tertera pada proposal yang aku juga ikut ngetik (bodonya.. waktu itu aku nggak baca apa aja isi detilnya), sebesar 50jeti. Wow.. nilai yang pantastik, very dramatic, and sangat bombastic gitu lah menurut ukuranku yang rakyat jelata ini.
Pada awalnya aku berharap banyak bisa mencicipi duit tsb. Tapi, seiring dengan waktu, makin lama harapan itu makin pupus, karena sampe akhir bulan kemaren tak kunjung ada kejelasan berapa dan kapan bagian kue tsb bisa aku nikmati. Suatu hari, secara tidak sengaja aku ngobrol dengan seseorang yang lumayan kompeten, utk tanya2 kira2 duit segitu tu udah rilis berapa aja?? jawabnya, dah sekitar 40jeti..Wow.. keren..!! kok bisa2nya aku ndak dapet yak? Maka strategi awal mulailah aku tebar sms-sms penuh serangan ke teman lama tsb. Mula-mula don't waro, tapi akhirnya sms semakin gencar dan bernada semakin keras, lalu timbullah salah satu reply "OKe.. nanti sy siapkan uangnya!".. wow.. meski nggak jelas.. tapi sudah senang.. ya sudah ada harapan..!!
Seminggu berlalu, ndak ada kejelasan lagi dari sang teman lama.. kemana si? kapan si? ndak tau juga la... beberapa sms dikirim tapi ndak pernah ada jawaban. Akhirnya di salah satu smsku aku keluarkan semacam deadline... "bisa nggak kamis ini.. lagi butuh ni!!". he..he.. itu juga keukeuh ndak ada jawaban...
Hari ini, aku telpon si teman lama, tak diangkat, sms juga si kuncennya yang selalu setia duduk di depan pintunya, tak dijawab juga, sms si teman lama dengan nada halus, tak dijawab juga, akhirnya mulai deh habis kesabaran, dan kukirimlah sms dengan nada suudzon dan sedikit ancaman, kalo dia ndak bales-bales.. 'kemana atuh saya kudu bertanya?'.. nah.. kali ini sms berhasil, muncul jawaban "saya ada di ruangan jam 10.30".  Hm.. knapa si orang baru reply setelah muncul ancaman, sepagi ini aku kirim 3 sms penuh ancaman, 2 akhirnya berbalas.. (dih... dasar agressor..!!).
Jam 10.39 aku telpon, no answer, di sms juga no answer. Jam 11.05 aku telpon, no answer, tapi tiba2 doski telpon balik.. oke.. deal. aku berkunjung ke ruangannya. Tanpa banyak basa-basi, aku membagi-bagi rencana percakapan dalam beberapa item. Pertama, soal dokumen laporan, yang kemaren aku ubek-ubek disertai dengan beberapa ancaman, ternyata akhirnya muncul juga di meja dia.. lha koq bisa..?? Kedua.. soal dokat itu.. Aku minta dia keluarkan angka.. keluarkan rincian kasar dan rekapitulasi, dipake naon wae seeeh duit sakitu teh?? (tapi wajahku manis lho waktu mengucapkan ini.. nggak percaya?? duh sayang aku ndak suka difoto!!).
Dan, dia mengambil secarik kertas putih dan mulai menulis..
Oke.. gini ceritanya, duit itu kan 50jeti? Oke?? Sudah dicairkan total 40 jeti, OK? waktu pencairan awal dipotong 5jeti..
Waaak??? dipotong apaan??
Pajak ceunah.. !!
Pajak naon??
duka tah.. pokonamah pajak we.. aya da bukti kertasna..!! (sambil nggak diliatin..!) ya udah.. percaya aja deh..!!
Trus??
tah.. kemudian ada potongan lagi di struk gaji saya, potongan pph cenah, sebesar 5%.. (sambil dia nanya keras ke asistennya, dan asistennya mengiyakan..!!) Oke lah.. langsung kalkulator jalan. berarti 2 jeti tah.. berarti total sudah berkurang 7 jeti..
trus??
nah 3 jetinya saya kasiin ke mhs yang mau bikin CD interaktif, si Bejo itu lho..!!
Udah jadi CDnya?
Udah...!! (nggak jua diliatin..!!, bodo lah..!!)
trus??
nah sisa sabaraha ayeuna..?? 29 jeti kan?? nah ini yang akan dibagi.. tapi ada note dari keuangan, jika di hari kemudian (eh.. salah..!!) kemudian hari ada audit dan ternyata kita nggak bisa bertanggung jawab, kudu mbalikin!!!
Apa ukuran tidak bertanggung jawab itu?
Ndak tau sayah juga.. dan nggak dijelaskan apa ukuran tanggung jawab or tidak tanggung jawab, pokoknya siap-siap aja kalo ada audit..!! Auditnya juga nggak jelas kapan...!!
Oh.. (emang gue pikirin...!!)
Truss???
Nah.. 29jeti itu gimana kalo kita bagi dengan komposisi sbb : peneliti I 60%, peneliti 2 (maksudnye sayah..!!) 40%?? nah si mhs yang kita pake namanya nggak usah dikasih lah..!!
Ya iya lah.. lha wong dia nggak ngerjain apa2.. kan gw yang cape mikir, ngetik, mengarang indah malem-malem, berdebat kusir dengan reviewer, berpanas-panas berburu ttd reviewer...!! Oke. jadi gw dapet berapa nih..
bentar ya.. hm.. (coret-coret..itung..itung..!!), jadi didinya dapet 11.6jeti..!!
Hm.. dibulatkan atuh jadi 12jeti kumaha, nu 400 na itung2 buruh urang ngetik dlsb..!
Buat SAP, GBPP, modul dlsb nggak diitung apa??
Nggak bisa, cenah, kata panitia nggak bisa, itu dianggap sebage kerja bakti ajah!!
Ow.. oke lah... sok lah.. teu nanaon dapet segitu oge..!! Mana atuh??
Ieu.. 2.5 jeti heula.. nu sesana engke minggu depan...!!
Haaaarrrr....!! ya udah.. (dalem ati.. daripada nggak dapet..!!) gw embat juga tuh amplop, itung..itung..itung. ya sudah.. terima saja.. dengan rasa syukur "Alhamdulillah.."
Segera aku berlalu dari ruangan sang teman lama. Meski masih menyimpan berjubel pertanyaan, aku berusaha bernafas lega, berfikir positif dan mestinya bersyukur..!! Untunglah bukan aku yagn memutuskan pembagian uang tsb.. jadi in case ternyata ada bagian aku yang di"makan" sang teman lama.. biarlah itu jadi urusan dia sendiri..!! Biarlah aku menikmati rejekiku sendiri.. emang mungkin seginilah rejekiku..!! Mudah-mudahan ini jadi sesuatu yang membawa barokah.. Soal apa bener itung2an dia.. apa dia ambil jatah aku.. meneketehe...!! Aku ikhlas sajah.. toh nanti mungkin akan ada jalan rejeki lain dari Allah Swt, buat aku dan keluarga..!!

No comments:

Post a Comment

Ujian Online

Banyak situs ujian online, tapi, secara pribados, saya paling sering menggunakan Classmarker. Gimana caranya..?? Ok, ada beberapa tahap ...