Friday, July 1, 2011

Akhirnya... Masalah itu kelar juga..!

((((---Edisi cerita lama, ane pindahin dari blog lama yang jablay, diposting Mei 2011)))) 
Beginilah akhir ceritanya... setelah berbulan-bulan menunggu dan tak kunjung terbit jua prosiding ICMNS 2010 itu, padahal aku kan sudah berhutang, dan sebelumnya juga sudah bermasalah gara-gara kumpulan abstrak yang nggak konsisten nama scientific commitee nya dengan situs web tsb. Akhirnya, pada bulan Mei kemaren aku sempatkan untuk mengambil prosiding tersebut di kantor editornya.
Kata ibu Editor, "Di depan meja ruangan ada daftar nama, tolong ditandatangani di tempat nama ibu..".
Okey.. so aku agak kaget ternyata namaku nggak ada di daftar nama tersebut, yang rupanya mirip seperti daftar isi prosiding. Dengan asumsi "mungkin kelewat", aku buru-buru berlalu karena masih meninggalkan kelas di SBM. Sampe SBM dengan sedikit agak cemas, aku buru-buru masukin CD tsb dan browse isinya.
Eeeeh..eeehh.. kok paperku bener-bener nggak ada ya?? Apa aku salah? Bolak-balik aku searching daftar isi, dan juga dibuka folder satu-persatu, teteup nggak ada.. Waah.. gemanaaa neeeh?? Buru-buru aku SMS ibu Editor. Ibu Editor segera menanggapi dengan menanyakan judul papernya. Aku segera balas. Tak lama kemudian ibu Editor telpon dan meyakinkan bahwa dia yakin banget paper aku ada, cuma nggak tau dimuat dimana? Naaah looo?? Dia berjanji akan memeriksa, apakah mungkin ada di Jurnal (woow.. keren!! Jadi ge-er nih!!), atau nyelip dimana gitu.. Tapi katanya dia yakin banget bahwa paper tersebut ada dan dia pernah mbaca atau ngedit isinya.  So dia minta waktu untuk menyelidiki.
Dengan harap-harap cemas aku menunggu hasil penyelidikan, dengan sedikit ke-ge-er-an aku berharap.. mudah-mudahan nyasar ke Jurnal, meskipun peluangnya tipis. Lha wong paper ge-je gitu koq bisa tembus ke Jurnal siih.. rasanya impossible.
Dua hari kemudian, rasa was-was tersebut berubah jadi sutress, soale si ibu Editor akhirnya, pada hari Jumat yang cerah, dimana kita semua sedang berlibur hari kejepit nasional, tiba-tiba telpon. Beliau menjelaskan bahwa memang paper tersebut kelewat dimuat di prosiding... dan tidak juga dimuat di Jurnal..!! Ooooh No..!! Bagemana bisa? How?? Ternyata, menurut penjelasan beliau, begini:
  1. Terjadi pergantian pengurus editor  atau sejenis kepanitiaan, karena editor yg sebelumnya tiba-tiba cuti hamil. Kemudian pekerjaan diserahkan ke beliau.
  2. Waktu proses serah terima pekerjaan tsb, ibu Editor yang baru tidak menerima paper-ku dari editor sebelumnya.
  3. Ibu Editor baru sudah menyempatkan memeriksa email panitia, ada email dari aku dan email tsb bertanda sudah dibaca, berarti paper tsb sudah pernah di-donlot. Cuma entah kenapa paper tsb kok ketelisut nggak diserahkan ke dia, sehingga tidak dia sertakan di proses editing.
Eaaalaaa!!! Trusss gimanaa dong?? Rasanya pengen nangis deh..!! Aku kan dah dateng, bayar, presentasi, dlsb. Mosok ndak ada di prosiding?? Padahal aku kan dah janji akan menyusulkan prosiding di kampus...Nah, ibu Editor ini baek hati juga..beliau menawarkan beberapa solusi :
  • Mengirimkan paper tersebut ke sebuah jurnal kenalan dia. Nanti dia kirimkan alamat kontak jurnal tersebut. Menurutnya, jurnal ini milik Teknik Lingkungan ITS dan beliau biasa publikasi di Jurnal ini (Tapi mbak... paper ku kan tentang klimatologi, apa bisa?). Katanya.. mungkin bisa, soale rada-rada nyangkut dengan lingkungan (maksa.com deh..!!).
  • "Kalo di luar nagreg.., berdasarkan pengalaman eyke waktu di amrik, untuk kesalahan jenis ini biasanya kita buatkan addendum, so bagemana kalo paper ibu kita masukan dalam addendum?". Aah..? ada gitu?? Berarti paper ku nggak bakalan ada di prosiding-prosiding laen yang dah pada disebarkan ke peserta dong..!! Dia bilang, ya begitu lah.. abis mao gimana lageee?? Trus aku bilang, andai aku setuju ditambahkan pada adendum, apakah panitia bersedia membuat semacam surat keterangan? Katanya.. bersedia..!! Lha iya toooh?? Kalo paperku cuma ada di satu CD, yaitu CD aku aja, dan tidak ada di prosiding cetak punya yang laen, bisa-bisa dikira aku ngebo'ong.
Lamaa banget aku merasa kacau beliau. Ini kepanitiaan kok kacaw suracaw begini ya..?? Nggak nyangka looh.. insitusi sebesar itu panitianya sampe Geje banget spt itu. Tapi nasi sudah menjadi bubur. Aku lagi mikir-mikir, yasud lah.. kalo perlu aku "dagang" kan saja lagi paper itu ke event laen.. Tapi ntar gimanaa kalo satu saat di browse, ternyata sudah ada di daftar accepted dan ada jadwalnya, lagiaan.. aku kan dah pegang sertifikatnya.. Rasanya nggak fair gitu.
Lhaaa.. aku kan korban, tapi seperti biasa, menjadi korban itu biasanya lebih repot daripada yang mengorbankan..iih teu puguh pisan..!
So, kedua jalan tsb aku tempuh. Pertama, berhubung ibu Editor menepati janji mengirimkan daftar kontak jurnal kenalan dia, maka aku kirimkan juga paperku ke jurnal tsb. Segera aku minta notifikasi. Besoknya aku langsung dapet balesan bahwa untuk terbitan Juli semua artikel sudah mencukupi, jadi kudu tunggu edisi berikutnya, trus paperku rada-rada nggak nyambung sama isu jurnal tsb, trus juga.. edisi Juli itu edisi terakhir terakreditasi, setelah itu belum jelas status akreditasi barunya. Soo kesimpulan.. GATOT!!!
Secara paralel aku juga tanya-tanya ke para rekan lama, termasuk ke astro boy dan kolega lama di kampus. Jawabannya, emang susah cari jurnal terakreditasi dengan isu spt paper ku itu.
So, akhirnya aku tempuh cara kedua, yasud.. pasrah aja.. masupin aja deh ke addendum atau apapun judulnya.. trus buatin deh tuh surat keterangan..kudu ditandatangan oleh ketua panitia lah..!
Setelah menunggu 2 bulan, akhirnya juli kemaren aku berhasil mendapatkan CD yang ada paperku tsb. Bener-bener dinyatakan sebagai addendum.. Konon katanya mau di-upload ke situsnya. Tapi sampe detik ini, aku buka situsnya, nggak ada tuh...
Kesimpulan.. heheee.. rada kapok juga nih ikut event GEJE spt itu. Nama institusi yang besar nggak berarti menjamin bahwa mereka mampu mengorganisir event besar yang dapat mengakomodir peserta yang beragam.

No comments:

Post a Comment

Ujian Online

Banyak situs ujian online, tapi, secara pribados, saya paling sering menggunakan Classmarker. Gimana caranya..?? Ok, ada beberapa tahap ...