Sunday, May 1, 2011

Man in tight

Ngetat suretat alias super ketat.. Taooo ga sih elo..??
Kemaren kan ada edaran dengan ttd Eyang dan kop surat rektorat. Isinya.. sing sopo2 yang udah ditugasin ngajar, kudu ngajar sampe 14 kali pertemuan. Kalo nggak masup, kudu ganti sebelum tgl 20 bulan berikutnya... Kalo ga ganti?? kena sanksi deh..!
That's OK...
Trus ceritanya dimulailah masa SP alias semester perbaikan, alias semester pemaksaan. Lha elo tau sendiri kan karakter kebanyakan mhs yang ambil SP - maaf bukan maksud men-generalisir -, biasanya mereka itu grup males surales pas kuliah aselinya, dan cenderung memilih SP karena asumsinya merasa lebih "mudah" lulus.
So, pas minggu pertama SP dimulai, ngaku aja, aku lupa dan nggak nyadar bahwa SP sudah dimulai. Jadwalku, bujubune, jam 7 booo!! Dah tau kalo gue ini impossible dateng jam 7. So, senen kamis minggu pertama aku  nggak bisa dateng, karena belum siap fisik dan mental..ha..ha... alias rada hoream keneh.. Pas Kemis, ada mhs yang nongol di ruangan, mengajukan usulan pindah jadwal.. Kujawab, oke deh.. tapi kudu rundingan ama yang lain dulu...
Singkat cerita, senin minggu kedua aku masuk kelas, Jam 7.35 laah.. karena nggak mungkin jam 7 dah nongol di kampus. Aku ngajar sampe jam 9 kurang lah.. Di depan sekitar 4 orang yang hadir, aku menawarkan kesepakatan perubahan jadwal dan jadwal pengganti untuk seminggu pertama kemaren.  So.. disepakatilah jadwal akan pindah jadi Rabu - Jumat jam 11 dan jam 13, dan untuk jadwal pengganti akan dipake rabu -jumat minggu ini juga.
So.. today aku datang dengan hati gembira ria, setelah berhasil mengusir rasa kesel gara-gara hasil asesment sepikotes ga jelas tsb. Pas duduk di meja, plok, ternyata ada surat.. aku pikir surat undangan biasa... eh.. ternyata surat teguran karena katanya aku belum masuk sama sekali.. Weleh-weleh... Segera aku telpon ke ruang dosen LB utk klarifikasi, dan aku dipersilakan untuk datang langsung. Nothing can compromize by phone in my campus, you've to meet them face to face. Begitu masup ruang LB, ternyata situasi ngobrolnya formal banget booo..!! Dihadapan seorang petugas, dilakukan klarifikasi. Aku jelaskan bahwa senin kemaren aku datang jam 07.30.  Dan menurut petugas, di absensi sudah di-cakra. Konon katanya ada mhs yang langsung mendatangi ruang dosen LB dan ttd di absen sementara karena katanya aku "kelamaan" ga dateng-dateng. Sapa sih?? suerrr aku ga kenal sama tu mhs, telpon g pernah, menghubungi atau tanya2 juga ga pernah...so.. nah ini dia.. solusinya yang membuat aku tercengang-cengang. Konon.. untuk klarifikasi soal "cakra" tsb aku harus melakukan hal-hal sbb :
  1. Membuat surat tertulis kepada kaprodi plus dekan, bahwa aku hadir pada kuliah tsb dan kuliah diundurkan jam mulainya menjadi jam 07.30, dilampirkan juga daftar hadir mhs-nya..Itu untuk me"revisi" status cakra yang berarti ga hadir tsb.... Gileee beneeer...!!
  2. Kalo aku mau menggeser jadwal secara permanen, walaupun cuma geser menit, kudu tetap bikin surat yang sama ke kaprodi dan dekan.
  3. Kalo mau pindah jadwal secara permanen, kudu buat surat cintrong juga ke kaprodi, dekan dan diajukan permiohonan ke bagian apaaa gitu..!!
Busyet dah...!! Pas aku tanya.. eh.. apakah memang prosedur tersebut sudah menjadi aturan tertulis..? Koq gw ga tau sih?? Jawabnya.. "eeeh.. g tau juga.. kita cuma prajurit, silakan tanya ke pihak yang berwenang!!" Soale kita2 para dosen ge-je gini ga tau tuh ada aturan spt itu.. Walah... walah...
Ternyata, dulu, kuliah yang bisa dilakukan made it easy, sms-an, dlsb, sekarang sudah tidak bisa seperti itu lagi. Demi pengetatan kedisilipinan, semuanya harus dibuat dalam prosedur berbelit-belit spt itu. Makesudnye sih baguuus meureun.. cuma pas pelaksanaannya.. apa nggak runyam tuh.. kalo tiap saat si kaprodi n dekan terima surat spt itu, ",Maaf pak, sy tadi dateng telat krn macet, jadi kuliah saya undur 30 menit"... euleuh-euleuh...!!
Tapi. eh.. tapi, ada post note nya loh... waktu aku sedang sibuk ngurusin perubahan jadwal tsb, ada mbak2 cantik seksi dukman (duduk manis) menunggu di ruangan tsb. Ditangannya ada sekumpulan map, sepertinya rekap absen sih. So.. aku tanya "ngajar mbak?", jawabnya... eh.. enggak..... Trus, tak lama kemudian seorang petugas menyerahkan rekapan absensi kehadiran dosen plus penjelasan.. periode kapan sampe kapan.. dan katanya "kalo yang ini sudah dikirim ke atas blum?", si mbak menjawab "blum...!!"  Jiaaah.. dua rius amat tuh pelaksanaan peraturan, sampe-sampe (tebakanku) meng-hire satu dedicated person untuk merekap dan melaporkan dalam periode tertentu langsung ke tangan Eyang...!! Saluuut...saluuut...!!
So... rekans.. beware of men in tight...!!

No comments:

Post a Comment

Ujian Online

Banyak situs ujian online, tapi, secara pribados, saya paling sering menggunakan Classmarker. Gimana caranya..?? Ok, ada beberapa tahap ...